Mesin Pengayak Kompos Terbuka

Mesin Pengayak Kompos Terbuka

Deskripsi tentang mesin pengayak kompos terbuka

Mesin pengayak kompos terbuka merupakan alat pengolah yang berfungsi untuk mengayak pupuk organik. Berbeda dengan versi tertutup, perangkat ini memungkinkan Anda melihat proses pengayakan yang berlangsung di dalam silinder berlubang. Di sisi lain, seperti pengayak tertutup, mesin pengayak terbuka pun termasuk ke rangkaian peralatan produksi kompos atau pupuk organik maupun pengolah sampah seperti pencacah sampah organik, mixer, dan lain sebagainya.

Selain itu, mesin pengayak kompos terbuka digunakan oleh berbagai pihak. Sebut saja produsen pupuk organik seperti KSM, TPSY, Pengolahan dan Bank Sampah, petani, Dinas Pasar, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, lembaga pendidikan, dan unit pengolahan sampah lainnya. Hal ini dikarenakan pengayak kompos terbuka mempunyai kapasitas yang relatif besar, yakni dari 100 sampai 500 kilogram per jam.

Untuk penggeraknya, ada motor listrik dan mesin diesel yang disematkan pada mesin. Mesin pengayak kompos terbuka pun menggunakan material seperti besi siku untuk tangka dan perforated plate SS untuk pengayaknya, sehingga mampu menghasilkan ayakan yang merata dan sempurna.

Keuntungan menggunakan mesin pengayak kompos terbuka di antaranya:

  1. Mempunyai bentuk dan desain sederhana. Hal ini akan memudahkan Anda mengoperasikan mesin walau Anda belum berpengalaman menggunakannya. Meski demikian, konstruksi mesin tetap kokoh agar mampu menampung kapasitas ayakan kompos sampai 500 kilogram;

  2. Seperti halnya pengayak tertutup, mesin pengayak terbuka pun mampu mempercepat proses pengayakan sekaligus hemat tenaga;

  3. Hasil ayakan yang merata dan maksimal memudahkan tahap-tahap selanjutnya sampai ke pengemasan pupuk organik, sehingga terlihat menjanjikan di pasaran.

Cara kerja mesin pengayak kompos terbuka pun tak terlalu sulit. Anda perlu menyiapkan bahan baku kompos yang hendak diayak, lalu sediakan wadah/tempat untuk menampung hasil ayakan. Nyalakan alat pengayak dan masukkan bahan baku pupuk organik sedikit demi sedikit. Pastikan pula tidak ada benda atau material keras yang ikut masuk. Terakhir, begitu proses pengayakan selesai dan hasil ayakan sudah tertampung, matikan mesin untuk menghemat listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *