Mesin Pengayak Kompos Tertutup

Mesin Pengayak Kompos Tertutup | Alat Pengolah Kompos

Mesin Pengayak Kompos Tertutup Andaro
Mesin Pengayak Kompos Tertutup Andaro

 

Deskripsi Tentang Mesin Pengayak Kompos Tertutup

Mesin pengayak kompos tertutup adalah perangkat yang digunakan untuk mengolah kompos. Alat ini termasuk salah satu dari serangkaian mesin yang dimanfaatkan untuk memproduksi kompos, mengingat pupuk organik harus melewati berbagai tahapan sebelum menjadi produk berkualitas. Selainalat pengolah kompos tertutup, ada pula pengayak terbuka, conveyor, pencacah kompos, pengering pupuk, mixer atau pencampur, granulator, penjahit karung, hingga timbangan.

Kompos sendiri mempunyai beragam peran penting, di antaranya memperbaiki struktur tanah supaya gembur. Perbaikan tersebut akan membuat penyerapan air di dalam tanah, sehingga mampu mencegah terjadinya erosi. Hal tersebut dikarenakan kompos dianggap sebagai sumber hara makro maupun mikro mineral terlengkap dengan humus yang sangat dibutuhkan tanah agar tetap subur.

Dalam hal ini, mesin pengayak kompos tertutup berperan untuk menghasilkan kompos dengan ukuran butiran yang serupa. Dengan begitu, saat digunakan petani atau orang-orang gemar bercocok tanam, pupuk akan bekerja secara optimal—baik untuk tanah maupun tumbuhan.

Keuntungan Menggunakan Mesin Pengayak Kompos Tertutup

Gambar Mesin Pengayak Kompos

  1. Memastikan butitan-butiran kompos yang akan dikemas memiliki ukuran sama. Pengayakan pun akan menjaga kualitas pupuk sampai digunakan konsumen;

  2. Sebagai salah satu pelengkap dari rangkaian mesin pengolah kompos atau pupuk organik. Jika tak ada alat pengayak, maka bentuk kompos yang dihasilkan tidak akan bagus saat dikemas;

  3. Mempercepat proses produksi. Mengayak dengan cara tradisional membutuhkan durasi lebih lama dan teksturnya belum tentu sehalus hasil dari mesin pengayak.

Untuk menunjang performa, alat ayakan kompos tertutup dibuat dengan material kuat seperti besi UNP serta siku untuk rangka dan pelat besi untuk penyangga. Alat ini telah digerakkan motor listrik dan mampu menghasilkan ayakan hingga 70 kilogram per jam. Maka tak heran kalau mesin pengayak ini diincar berbagai kalangan yang ingin memproduksi kompos atau pupuk organik bermutu tinggi. Apalagi perangkat ini tidak membutuhkan tenaga manusia yang terlalu banyak, jadi Anda sekalian menghemat bujet pengeluaran di tahap produksi.