Mesin Traktor

Mesin Traktor | Traktor Tangan | Traktor Roda Empat

Mesin Traktor Tangan
Mesin Traktor

Deskripsi Tentang Mesin Traktor

Mesin Traktor merupakan alat pertanian modern yang digerakkan melalui motor bermesin diesel. Di bidang pertanian, mesin ini dipakai untuk mengolah tanah yang difungsikan sebagai penarik atau pendorong bajak dan garu.

Mesin ini umumnya dibagi dalam dua jenis yaitu traktor tangan dan traktor roda empat. Traktor tangan tidak menyediakan ruang untuk duduk dan masih harus dilengkapi oleh peralatan untuk pengolahan tanah seperti bajak atau garu. Sejumlah kelengkapan yang bisa dipasang dan dilepas ke traktor tangan ini adalah bajak singkal, bajak rotari/cakar, garu, roda sangkar, dan roda ban karet.

Traktor roda empat juga punya fungsi yang sama dengan jenis tangan. Hanya saja perbedaan pada ukuran dan desain yang lebih besar dan menyediakan ruang duduk untuk kemudi. Traktor ini memiliki beberapa bagian yaitu sistem kemudi, roda depan, chasis, roda belakang, pemberat, poros PTO, dan sistem penyambungan peralatan.

Sistem penyambungan peralatan ke mesin traktor bisa dipanjangkan atau dipendekkan ke tuas penyambung. Saat dioperasikan, beban perlu diseimbangkan supaya traktor ini tidak terangkat. Oleh karena itu, jika hendak menggunakan traktor roda empat mesti mengatur letak sudut bajak atau peralatan yang disambungkan sesuai permukaan tanah, menyambungkan melalui tuas, dan memberikan beban sebagai penyeimbang di bagian depan.

Keuntungan Menggunakan Mesin Traktor

  1. Operasional pengolahan lahan menjadi lebih efektif, karena penggunaan peralatan dapat disesuaikan dengan hasil cepat dan maksimal.
  2. Penghematan waktu untuk pengolahan lahan pertanian.
  3. Meningkatkan kapasitas kerja di lahan pertanian.
  4. Hasil pengolahan tanah lebih rapi dan tak merusak kesuburan.
  5. Menghemat biaya produksi pertanian.
  6. Bisa dimanfaatkan untuk pengangkut di lahan pertanian (khusus untuk yang roda empat).

Jadi, menggunakan traktor baik yang jenis tangan atau roda empat akan mempercepat proses pengolahan lahan pertanian. Dibandingkan menggunakan hewan pekerja, traktor juga akan menghemat biaya produksi karena anggarannya lebih efisien. Sehingga bisa dialokasikan untuk yang lain. Mesin ini pun sangat mudah perawatannya dan bisa dioperasikan secara mudah tanpa prosedur rumit.