Mesin Cultivator | Mesin Pengolah Tanah & Bajak Sawah

Mesin Cultivator | Mesin Pengolah Tanah & Bajak Sawah
Mesin Cultivator

Deskripsi Tentang Mesin Cultivator

Mesin Cultivator merupakan salah satu peralatan pertanian modern yang fungsinya untuk mengolah tanah sekunder. Kinerja peralatan ini dimungkinkan melalui gerigi yang menancap ke lapisan permukaan tanah yang untuk menggerakannya biasa memakai traktor. Ada pula jenis mesin lain yang disebut sebagai rotary tiller yang digerakkan oleh cakram dan gigi secara berputar.

Peralatan ini terdiri dari beberapa bagian penyiang mekanis yang didesain di sisi kanan dan kiri dan satu lagi di bagian belakang. Bagian penyiang yang digerakkan secara mekanis ini masing-masing adalah mata pendangir (shovel/sweeper), tangkai pendangir (shank), batang penempatan pendangir, dan kerangka.

Jenis-jenis mesin ini beragam ukuran sampai cara mengoperasikannya. Tergantung dari luasnya lahan pertanian yang hendak diolah menggunakan mesin ini. Ada yang cukup digerakkan dengan tenaga manusia atau membutuhkan tenaga penggerak seperti traktor. Mesin yang besar dan digerakkan dengan traktor umumnya bisa mengerjakan pengolahan lahan sekitar 30 sampai 35 hektar per hari.

Prinsip kerja mesin ini memang mengolah permukaan tanah. Tetapi untuk mesin yang bentuk geriginya seperti bajak mampu mengerjakan hingga kedalaman tertentu. Hal inilah yang sedikit membedakan kebutuhan tenaga tarikan mesin cultivator dibandingkan pembajakan lahan secara tradisional. Tenaga mesin ini bisa dihasilkan selain menggunakan traktor juga dari dalam mesin itu sendiri yang memakai self-propelled. Masih dijumpai pula di beberapa kawasan pertanian penggunaan hewan pekerja untuk menggerakan mesin yang lebih kecil.

Keuntungan Menggunakan Mesin Cultivator

  1. Pengolahan tanah menjadi lebih cepat karena dikerjakan secara mekanis.
  2. Tidak merusak tanaman pertanian di sekitar area yang dibajak.
  3. Meningkatkan pertumbuhan mikroorganisme aktif.
  4. Membantu menggemburkan dan menyuburkan tanah.
  5. Meningkatkan ketahanan kadar lengas tanah.
  6. Meningkatkan kadar unsur hara di dalam tanah.

Jadi, kalau Anda memiliki usaha pertanian dan ingin melakukan pengolahan lahan yang lebih cepat, mesin cultivator ini sudah menjadi peralatan wajib. Hasil pengolahannya sangat memuaskan sementara lahan bisa dimanfaatkan secepat mungkin. Peralatan ini pun didesain dengan mesin yang kuat dan bisa bertahan lama.